5 Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik


Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik



5 Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik



Banyak sekali dipasaran yang menawarkan berbagai merek gitar yang bagus dan ori seperti yamaha, ibanez, sampai gibson.ada juga yang menawarkan gitar dengan merek yang sama namun berkualitas  KW bahkan lebih jelek. namun ada juga gitar yang mereknya tidak terkenal, namun kualitasnya sangat baik dan enak dimainkan. untuk mencegah kebingungan saat membeli gitar bagi para pemula, ikuti langkah berikut!!


1. Periksa Kondisi Kayu Body Gitar 

Kalau ente beli ditoko musik yang resmi, jangan takut untuk bertanya mengenai jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan gitar tersebut dan minta penjelasan mengenai keunggulannya. tetapi, ada cara praktis untuk mengetesnya yakni dengan mengetuk bagian body gitar tersebut. 

Body gitar yang terbuat dari kayu yang baik akan berbunyi lebih padat, dan otomatis umur teknisnya akan lebih awet, sedangkan gitar yang kualitasnya jelek akan berbunyi lebih "gembos" atau tidak padat. kondisi ini juga berpengaruh pada suara gitar, semakin baik kualitas bahan baku gitar, maka akan semakin enak pula suaranya.

2. Periksa Rangka Dalam Body Gitar


Rangka gitar adalah penopang body gitar yang berfungsi menahan body gitar agar lebih kuat dan berbentuk sesuai dengan yang diinginkan. oleh karena itu, rangka gitar tidak boleh sembarangan dibuat ataupun dibentuk secara asal-asalan, karena akan sangat berpengaruh pada keutuhan gitar anda. untuk mengecek bagian ini, juga cukup diketuk pelan. 

Apabila terdengar suara yang tidak padat, sebaiknya tidak usah dibeli. selain itu, lihat juga susunan rangka gitar yang akan dibeli dari lubang gitar untuk memastikan kondisi rangka rapi dan tidak ada anomali.

3. Periksa Kondisi Stang/neck Gitar dan Fretboard

Apabila ente ingin membeli gitar ukuran sedang seperti yamaha seri-C, periksa kepadatan neck gitar tersebut dengan metode ketuk. pastikan neck dan fretboard tersebut kuat, dan terbuat dari bahan yang baik. bila anda membeli gitar dengan neck yang terbuat dari bahan yang tidak baik lambat laun akan menjadi bengkok dengan cepat atau mudah patah. 


Apabila agan ingin membeli gitar ukuran jumbo, atau gitar dengan neck yang panjang (21-24 fret), pastikan bahan neck dan kepadatan neck dalam kondisi yang bagus. dan pastikan terdapat TRUSS ROD didalam neck gitar. Truss rod adalah besi logam yang ditanam didalam neck gitar agar neck gitar menjadi lebih kuat dan dapat diatur kelengkungannya. cara mengeceknya yakni dengan meraba bagian pangkal neck gitar melalui lubang gitar, apabila terdapat lubang dan besi didalamnya, berarti terdapat TRUSS ROD didalam neck gitar tersebut.

4. Periksa Ketinggian Jarak Senar dengan Fretboard


Hal ini sepele, namun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam memainkan gitar. semakin jauh atau tinggi jarak fretboard dengan senar, maka akan semakin keras saat kita memencet gitar. hal ini tentu membuat kita tidak nyaman baik saat memainkan melodi dan kunci. pilihlah gitar dengan jarak senar dan fretboard yang pendek.

5. Periksa Bunyi/suara Gitar


Terakhir, periksa suara gitar apakan nyaring atau tidak. pilihlah gitar dengan suara yang enak anda dengar dan terdengar nyaring ditelinga. besar body gitar, juga berpengaruh terhadap suara gitar.

Demikian 5 Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik


Search : 5 Tips Sebelum Membeli Gitar Akustik, Cara Cek Gitar Akustik, Tips Memilih Gitar Akustik yang bagus, Teliti Sebelum Membeli Gitar Akustik, Tips Memilih Gitar Akustik bagus.

Auto Scroll Stop Scroll