Cara Merawat Gitar Akustik yang Wajib Anda Ketahui


Cara Merawat Gitar Akustik yang Wajib Anda Ketahui - Selamat malam sobat infectedguitars, setelah sekian lama tidak posting rasanya blog saya ini seperti anak tiri ya karena jarang diperhatikan. Baik untuk kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat gitar akustik.

Cara Merawat Gitar Akustik
Dalam merawat gitar akustik memang di kalangan pemula jarang mendapat perhatian yang saya ketahui oleh seorang pemula, mereka hanya memakai untuk belajar dan menarauh begitu saja tanpa memperhatikan gitar akustik-nya. Perlu anda ketahui jika anda ingin belajar gitar sobat harus tahu terlbih dahulu apa saja dasar-dasar bermain gitar, misal Menjaga Gitar agar lebih awet, dasar-dasar chord, dasar-dasar senar, dasar-dasar tab, dan lain sebagainya. Jika anda sudah paham semua tenang dasar-dasar bermain gitar saya jamin sobat kedepannya akan lebih mudah untuk naik ke level berikutnya.

Gitar Akustik itu terbuat dari kayu apabila anda tidak memperhatikan Tips Merawat Gitar Akustik, gitar sobat lama kelamaan suara akan berbeda dan tidak sejernih gitar saat masih baru. Biasanya yang terjadi pada gitar akustik ini adalah kayu bahan gitar mudah melapuk, atau neck kayu yang melengkung, itulah yang membuat suara gitar sobat terasa tidak jernih lagi atau bisa dikatakan tidak Jriiiing lagi.Baik berikut ini akan saya bagikan mengenai Cara Merawat Gitar Akustik yang Wajib Anda Ketahui :

1. Simpanlah gitar dalam keadaan yang baik dan benar


hardcase

Setelah anda menggunakan atau berlatih gitar akustik sebiknya sobat pastikan untuk manuruhnya di tempat dudukan gitar lebih bagus lagi jika sobat menaruhnya pada hardcase untuk menghindarkan gitar akustik dari debu dan suhu udara yang lembab.

2. Jagalah suhu dan jangan simpan di tempat yang bersuhu lembab


Suhu tempat anda menyimpan gitar akustik juga dapat bepengaruh pada tingkat keawetan gitar. Tips untuk point ini, sebaiknya anda taruh gitar akustik sobat pada tingkat suhu yang normal. Dan sobat juga bisa menggunakan silica gel yang cukup baik untuk menghindarkan gitar pada suhu yang lembab.

3. Bersihkanlah secara berkala dan teratur.


Cara Merawat Gitar Akustik
Pada point ini adalah yagn mana bisa melihat tingkat keseriusan sobat dalam belajar gitar akustik, kok begitu ??, iya karena apabila sobat mempunyai niat yang serius untuk belajar gitar akustik maka sobat akan selalu memperhatikan gitar sobat, walaupun pacar sobat sendiri tidak pernah sobat perhatikan hehe.


Sebaiknya anda tentukan waktu perawatan gitar akusti sobat, sobat bisa menentukan antara seminggu sekalai, seminggu dua kali, kalo sobat lagi sedang jatuh cinta denga gitar paling tidak satu hari sudah sobat bersihkan. 

Gunakan kain lap yang bersih untuk membersihkan gitar, bersihkan kesulurhan gitar akustik dari badan gitar hingga leher gitar akustik dan  cek juga kondisi senar gitar akustik jika sudah terlihat berkarat dan mati usahakan untuk menggantinya.

Seteah sobat selesai menggunkan gitar akustik atau belajar gitar akustik maka usahakan sobat untuk membersihkan gitar sobat tersebut, karena bekas keringat dan debu setelah pemakaian juga menyebabkan gitar akustik cepat rusak.

Jika anda ingin menyimpan gitar akustik anda dalam keadaan lama, maka sobat kendurkan senar pada gitar akustik tersebut, untuk mencegah melengkungnya neck gita akustik. Dan selalu usahakan anda menggunakan senar gitar akustik yang berkualitas, dan satu lagi berilah pelumas anti karat pada bagian gear tunner set (bagian tempat setting senar gitar akustik).
Demikian lah sedikit curhatan saya tentang Cara Merawat Gitar Akustik yang Wajib Anda Ketahui.
Baca juga Dasar Bermain Gitar Disertai Gambar dan semoga bermanfaat untuk sobat, see you.

Auto Scroll Stop Scroll